Minggu, 12 Juni 2016

Pentingnya Inovasi Dalam Pengembangan Kewirausahaan

Kewirausahaan tidak terlepas dari unsur inovasi dan setiap inovasi selalu mengandung resiko, seringkali wira usaha diartikan memulai bisnis baru, kecil dan milik sendiri. Namun demikian tidak setiap bisnis baru dan kecil akan bersifat wira swasta atau memiliki kewirausahaan.

Seorang wirausaha adalah orang-orang yang mau untuk belajar dan mempraktekkan inovasi secara sistematis, oleh karena resiko yang timbul justru berada dalam pengendaliannya. Pada kenyataan sesungguhnya banyak orang yang mengaku wirausaha, namun sedikit yang benar-benar tahu apa yang tengah mereka lakukan (tidak tahu apa maunya).

Selanjutnya inovasi diartikan sebagai suatu mekanisme atau cara untuk mengubah nilai dan kepuasan yang diperoleh konsumen dari sumbernya (Drucker, 1985). Inovasi adalah lebih dari sekedar memiliki sebuah gagasan yang cemerlang (tidak sekedar memiliki gagasan), tetapi merupakan kombinasi dari keinginan menciptakan suatu yang cemerlang yang sekaligus disertai dengan kesungguhan untuk mengembangkan dan mewujudkannya.

Inovasi adalat alat spesifik bagi pebisnis/ wiraswasta, dimana suatu alat untuk memanfaatkan perubahan sebagai peluang bagi bisnis yang berbeda atau jasa yang berbeda. Inovasi didefinisikan sebagai perubahan (ide besar) dalam sekumpulan informasi yang berhubungan diantara masukan dan luaran. Inovasi membutuhkan perubahan, tetapi berubah belum tentu berinovasi.

Orientasi pasar dapat diukur dengan daya beli yang merupakan akhir kegiatan usaha., oleh karenanya didalam pemanfaatan teknologi tepat guna, efektifitas dan efisiensi usaha, inovási dalam usaha dipandang sebagai langkah tepat dalam penciptaan perubahan. Dengan terlebih dahulu melihat adanya kesempatan peluang usaha, baik dalam melakukan perubahan usaha atau usaha baru, para pelaku bisnis/ usaha akan mengadopsi berbagai masukan dan keluaran guna tampil sebagai pencipta keunggulan yang spesifik.

Bentuk- bentuk  Inovasi:
Untuk melakukan inovasi ada berbagai macam cara bentuk , yang secara umum dikelompokkan menjadi 4 (empat) type yaitu :
  1. Inventation, dengan menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa produk maupun jasa.
  2. Extension, dengan mengembangkan produk atau jasa yang sudah ada.
  3. Duplication, dengan cara membuat duplikat disertai tambahan usha kreatif untuk bisa menyaingi pesaing yang ditiru.
  4. Synthesis, dengan cara menggabungkan bermacam-macam gagasan yang sudah ada menjadi sesuatu formulasi baru.
Untuk menjadi seorang seorang wirausaha yang handal dan tangguh, inovasi merupakan alat untuk memperoleh manfaat atau keuntungan. Karena inovasi merupakan alat yang digunakan untuk tidak sekedar melakukan perubahan, tetapi lebih dari itu, yaitu untuk mengekploitasi suatu perubahan dan mengambil manfaat dari perubahan tersebut.

Sumber:  http://www.pama.or.id/2015/02/pentingnya-inovasi-dalam-pengembangan.html?m=1

1 komentar: