Kamis, 27 November 2014

Peranan Ilmu Alamiah Dan Teknologi

1. Pengertian Ilmu Alamiah dan Teknologi
Ilmu alamiah sering disebut ilmu pengetahuan alam (IPA) dan akhir akhir ini ada juga yang menyebut ilmu kealaman yang dalam bahasa inggris disebut Natural Science atau disingkat Science dan dalam bahas indonesia disebut sains.Teknologi adalah inovasi baru pada era sekarang dengan keunggulan-keunggulan nya serta manfaat nya.teknologi juga disebut keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

2. Peranan dan Dampak Ilmu Alamiah dan Teknologi

Dalam kehidupan manusia dewasa ini tidak terlepas dari ilmu alamiah dan ilmu teknologi, dalam beberapa bidang , misalnya ilmu kedokteran, ilmu farmasi , dan ilmu terapan lainnya.

Peranan ilmu alamiah dan ilmu teknologi dalam kehidupan sehari-hari sangat terasa yang berperan dalam kehidupan antara lain :
A. Materi
     Materi yaitu apa saja yang mempunyai masa dan menempati ruang sedangkan energi adalah suatu tenaga yang bisa memindahkan materi dari suatu tempat ke tempat yang lain.energi terdapat dalam berbagai bentuk yaitu energi listrik,cahaya,energi kimia, energi panas, energi gerak dll
B. Energi dapat dirubah dari bentuk satu ke bentuk lain , energi itu kekal adanya energi listrik sangat penting bagi kehidupan manusia dan dapat diambil melalui berbagai cara antara lain :
1. PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air)
2. PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel)
3. PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir)

mesin mesin perkembangan teknologi diantaranya :
a. mesin bakau
b. mesin diesel
c. jet
d. roket dan nuklir

kehadiran ilmu pengetahuan modern seperti listrik,teknologi nuklir,nioteknologi,komputer,radio telekomunikasi dan teknologi antariksa merupakan kemajuan yang dihasilkan dalam abad ini. kemajuan dalam bidang teknologi dirgantara telah mendorong kemajuan di berbagai bidang seperti telekomunikasi ,pendidikan,pertanian,kehutanan,pertambangan dan energi, pertumbuhan industri,menajemen dumberdaya alam,kesehatan,lingkungan dsb. Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi akan menigkatkan kemandirian serta daya saing bangsa sehingga akan berdampak pada kuatnya ketahanan nasional dalam menghadapi dinamika lingkungan strategis.

Peranan Teknologi
indonesia telah cukup lama memperoleh manfaat yang besar dari aplikasi teknologi dirgantara seperti transportasi udara,telekomnunikasi,penginderaan jauh,observasi bumi dan lingkungan,navigasi,geodesi dsb. terkait dengan permasalahan tersebut, teknologi dirgantara telah memberikan banyak manfaat salah satunya adalah pemanfaatan teknologi satelit untuk penginderaan jauh (remote sensing). Teknologi penginderaan jauh tersebuy memberikan berbagai informasi vital terkait dengan pertanian,kehutanan,menajemen lahan,pemetaan laut,perikanan,kehutanan,menajemen lahan,menajemen banjir dan bencana alam.

1. Dampak Positif

Perkembangan dan teknologi banyak membuka lapangan pekerjaan baru sehingga sumber daya manusia dapat berperan baik tenaga maupun pikiran. perkembangan dan teknologi mempunyai dampak positif yaitu terpenuhinya kebutuhan manusia akan kemakmuran materi,kemudahan serta kefektifan dan kefesienan dalam mendayagunakan sumber daya alam . manusia dapat mengubah sistem transformasi dan komunikasi sehingga menimbulkan kemudahan dengan menggunakan tenaga dan pikirannya atau dengan kata lain akan da[at menciptakan lapangan kerja baru.

2. Dampak Negatif

pemanfaatan perkembangan ilmu alamiah dan teknologi yang tidak benar akan membawa dampak negatif, tidak akan menambah lapangan pekerjan tetapi justru sebaliknya akan mempersempit lapangan pekerjaan. hal ini terjadi karena efektifitas dan efesiensi sistem dalam teknologi baru . misalnya banyak pekerjaan yang mula mula menjadi tugas manusia kemudian diganti oleh mesin. di negara negara negara berkembang masuknya teknologi baru menimbulkan masalah di bidang ketenagakerjaan, karena kuantitatif sumberdaya manusia cukup besar bahkan dapat berlebihan. tetapi secara kualitatif dirasakan sangat kurang terutama untuk menangani teknologi tinggi.


contoh kasus :
a. dampak negatif
jaman sekarang kemanfaatan teknologi sangan mudah dijangkau. apalagi dari semua kalangan bisa menjaungkau nya mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.
pemanfaat yang tidak benar dapat membawa pengaruh buruk untuk semua kalangan .
misalnya anak dibawah umur sudah bisa mengakses situs porno di internet yang seharusnya tidak ia lihat karna kemudahan dan kemajuan teknologi yang sangat mudah dijangkau siapapun.
b. dampak positif
selain dari dampak negatif ada pula dampak positif nya , yaitu terbantunya pekerjaan atau tugas sekolah dan pekerjaan kantor lebih praktis,efektif dan efesien. terbuka nya lapangan kerja baru seperti online shop dll.

komentar :
kesimpulan dari Perananan Ilmu Alamiah dan Teknologi adalah, peranan kedua duanya sangat pentingdi era seperti ini, akan terbantu dengan adanya "sains" dan "technology" membawa pengaruh yang besar bagi kemajuan negara juga.
meskipun ada dampak negatif kita bisa meminimalisir dampak itu agar tidak terjadi apa yang tidak diharapkan , lalu dengan adanya dampak positif kita harus memAnfaatkannya dengan sebesar besarnya agar hasil yang diharapkan bisa tercapai ,demi kelangsungan hidup yang lebih baik


sumber : http://irmawasnifitriani19.wordpress.com/2012/12/31/peranan-dan-dampak-ilmu-alamiah-dasar-teknologi/
http://moegrafis.blogspot.com/2011/05/peranan-dan-dampak-ilmu-alamiah-dan.html http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar