BAB
3
Menggunakan
Teknologi Informasi dalam Menjalankan Perdagangan
Perdaganga
Elektronik
Definisi yang sempit seperti ini
mengartikan bahwa hanya transaksi-transaksi yang melintasi batas perusahaan
saja yang dapat di klarifikasikan sebagai e-commerce. Jika suatu transaksi
tetap berada di dalam batas perusahaan, orang-orang ini akan menyebutnya
sebagai transaksi bisnis elektronik.
Kita akan melihat pandangan luas
e-commerce yaitu bahwa e-commerce dapat memfasilitasi operasi internal maupun
eksternal perusahaan. Dengan pandangan ini istilah bisnis elektronik dan
perdagangan elektonik akan sama. Banyak operasi perusahaan adalah internal.
Ruang
Lingkup E-Commerce
E-commerce menyumbang hamper $1,7
triliun untuk aktivitas perekonomian di Amerika Serikat selama tahun 2003,
E-commerce telah mencapai tingkat pertumbuhan tahunan lebih dari 15% setiap
tahunnya selama kima tahun terakhir. Tingkat pertumbuhan ini dapat mengalami
perlambatan pada waktu tertentu, tetapi kemungkinan akan terus berlanjut selama
beberapa tahun mendatang. Jumlah dampak perekonomian akan bervariasi dari satu
industry ke industry yang lain, tetapi kurang lebih 94% e-commerce adalah B2B,
menyisakan 6% untuk B2C. Lebih dari 21% penjualan pabrik produksi AS ($843
miliar) pada tahun 2003 merupakan hasil dari e-commerce. Hampir 17% penjualan
dari distributor ($730 miliar) adalah e-commerce.
E-commerce memiliki arti penting
khususnya bagi beberapa segmen tertentu perekonomian AS karena memang
menyumbangkan persentase dollar penjualan dalam jumlah besar dalam segmen-segmen
tersebut.
Jalan
Menuju E-commerce
Ketika sebuah perusahaan merasa bahwa
manfaat yang diharapkan lebih besar dari biasya dan memutuskan untuk
mengimplementasikan e-commerce, perusahaan tersebut menyadari bahwa
implementasi yang akan dilakukan bisa jadi merupakan suatu pekerjaan yang
besar. Rencana bisnis strategis akan membakukan komitmen untuk menggunakan
e-commerce guna meraih keunggulan kompetitif. Perusahaan pertama-tama harus
memperoleh kecerdasan bisnis (business intelligence) sehingga perusahaan
tersebut akan dapat memahami peranan potensial yang akan dimainkan oleh
masing-masing unsur lingkungan.
Perusahaan pada umumnya menerapkan
e-commerce dengan maksud dengan maksud untuk memperbaiki layanan pelanggan ,
mempererat hubungan dengan pemasok dan komunitas keuangan , dan meningkatkan
imbal hasil kepada pemegang saham dan pemilik investasi. E-commerce B2B
merupakan kekuatan pendorong tansaksi bisnis yang signifikan dan sedang
berkembang. Pada beberapa segmen industri seperti manufaktur peralatan transportasi dan
distribusi obat, sekitar setengan dari seluruh penjualan dihasilkan melalui
e-commerce.
Perusahaan menggunakan internet dalam
banyak hal. Ekstranet memiliki arti penting karena memungkinkan para pengguna
yang dipercaya diluar batas organisasi untuk mengakses progam dan data pada
jaringan organisasi. Aplikasi yang lainyabdisebut intranet yang terdiri atas
transmisi-transmisi didalam perusahaan dan piranti lunak browser yang terkait
dengan web tetapi dengan keamnan yang hanya memperkenankan akses bagi para
pengguna di dalam jaringan organisasi.Rumah sakit dapat mempergunakan internet
untuk melksanakan pembelian secara oline, dengan menggunakan suatu bursa
perdagangan klinik. Peritel dapat mempergunakan internet untuk mempromoskan
produk-produknya dan dalam beberapa kasus, mengirimkan produk digital kepada
kepada pelanggan. Hamir semua perusahaan dapat meggunan internet untuk
mendukung proses-proses yang dimilikinya.
Edisi 10
Tidak ada komentar:
Posting Komentar